Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alternatif Rockwool Hidroponik dari Sabut Kelapa

alternatif rockwool

Sabut kelapa adalah salah satu bahan limbah terbaik yang dapat dipilih dan digunakan sebagai bahan alternatif rockwool yang dapat digunakan pada budidaya tanaman hidroponik.

Bisa dibilang bertani hidroponik itu sebenarnya tidak sulit dan bahan untuk media tanamnya sebenarnya dapat menggunakan banyak alternatif. Misalnya media tanam rockwool yang umumnya banyak dipakai untuk bertani hidroponik sebenarnya bisa juga digantikan dengan media tanam sabut / serabut kelapa atau umumnya disebut coco fiber.

Teknik pemanfaatan limbah dari sabut kelapa atau coco fiber ini merupakan salah satu alternatif terbaik untuk mengganti media tanam rockwool dalam bertani hidroponik.

Cara ini diajarkan dari Grup Rumah Hidroponik Bertha Suranto. Dimana penyemaian tanaman hidroponik bisa dilakukan tanpa menggunakan media tanam rockwool yakni dengan memanfaatkan serabut kelapa (coco fiber) yang tentunya lebih hemat biaya, mudah didapatkan, serta memiliki pertumbuhan yang bagus dan lebih ramah lingkungan.

Persiapan Alat dan Bahan

Sama seperti teknik menanam hidroponik lainnya, beberapa alat dan bahan yang perlu dipersiapkan untuk menanam tanaman hidroponik. Karena dalam kasus ini kita mengganti rockwool dengan media tanam sabut kelapa. Maka alat dan bahannya adalah:

  1. Netpot / gelas bekas air mineral yang dilubangi dasarnya
  2. Sabut kelapa / coco fiber diambil serabutnya saja
  3. Nampan Semai
  4. Gunting
  5. Benih tanaman. Pada kasus ini kita memilih benih kangkung.

Proses Pemanfaatan Serabut Kelapa

Setelah alat dan bahan dasar sudah tersedia, kita lanjutkan cara menyemai dan menanam kangkung hidroponik menggunakan alternatif rockwool yakni menggantinya dengan media tanam sabut kelapa.

Kita lanjutkan

Step 1

Masukkan sabut kelapa ke dalam Netpot seperti membentuk sarang burung. Hal ini dimaksudkan agar benih tanaman bisa ditempatkan di dalam media tanam sabut kelapa (coco fiber).

sabut kelapa alternatif rockwool

Step 2

Rapikan sisa-sisa sabut kelapa yang keluar pada bagian atas net pot dengan cara dipotong, bisa menggunakan gunting atau alat pemotong lainnya.

Step 3

Tempatkan net pot yang sudah diisi media tanam sabut kelapa ke dalam nampan lalu basahi seluruh net pot dan biarkan sedikit air menggenangi nampan agar menjaga media tanam sabut kelapa tetap lembap.

coco fiber alternatif rockwool

Step 4

Masukkan benih kangkung ke dalam media tanam sekitar 10, 12 hingga maksimal sebanyak 15 butir benih.

coco fiber alternatif rockwool

Perawatan Tanaman

Dalam melakukan penyemaian media tanam dapat ditempatkan di meja dan tidak ditutup. Selain itu, selalu untuk memastikan media tanam tetap lembap dengan menjaga air di dalam nampan kurang lebih setinggi 1 cm (satu sentimeter) serta mendapatkan cukup sinar matahari.

Beberapa proses perawatan tanaman hingga tumbuh dengan maksimal diantara-Nya:

  • Setelah umur 2 hari umumnya benih sudah akan mulai tumbuh. Pastikan air di dalam nampan tidak berkurang. Jika berkurang air bisa terus ditambahkan untuk menjaga kelembaban tanaman dengan tinggi air kurang lebih adalah 1 cm.
  • Pada hari ke 4 jika tanaman tumbuh dengan baik. Maka di hari ini tanaman biasanya sudah mengeluarkan daun.
  • Pada hari ke 6 tanaman sudah dapat dipindahkan ke sistem rakit apung hidroponik tanpa sumbu. Pada tahap ini, tanaman sudah dapat langsung diberikan nutrisi khusus sayuran daun sekitar 300 ppm.

  • Di hari ke 10 kadar nutrisi dapat kembali dinaikkan hingga 500 ppm
  • Seminggu setelahnya nutrisi dapat dinaikkan menjadi 700 hingga 800 ppm
  • Hingga tanaman mencapai umur 3 minggu kangkung hidroponik sudah dapat dipanen.

Hasil Panen

Setelah melewati proses semai, pindah tanam dan perawatan yang dilakukan dengan cermat dan baik. Apabila berjalan dengan baik maka hasil panen yang akan didapatkan cukup memuaskan.

hasil panen media tanam coco fiber
hasil panen media tanam coco fiber

Demikian semoga bermanfaat...

N.B - Seluruh materi dan gambar pada ulasan ini telah dipublikasikan sebelumnya oleh: kebundzikridotcom dengan artikel asli berjudul 'Alternatif Pengganti Rockwool untuk Tanaman Hidroponik'

Posting Komentar untuk "Alternatif Rockwool Hidroponik dari Sabut Kelapa"