Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Netpot dari Gelas Plastik

cara membuat netpot dari gelas plastik

Cara membuat net pot dari gelas plastik sebenarnya cukup mudah dengan mengamati model net pot asli yang dijual di pasaran untuk kebutuhan bertani hidroponik. Selain itu, alasan lain penggunaan net pot dari gelas plastik tentu untuk penghematan biaya.

So, bagi Anda yang hobi berani hidroponik sekaligus ingin menghemat biaya dengan menggunakan net pot buatan sendiri dari gelas plastik. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat net pot sendiri dari gelas plastik.

Alat dan Bahan Membuat Netpot

Pada tahap awal, silakan untuk mempersiapkan seluruh alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat net pot dari gelas plastik. Alat dan bahan tersebut diantara-Nya adalah:

  1. Gelas Plastik (Misalnya: Gelas kemasan bekas air mineral, dll)
  2. Pisau / Cutter atau Gunting
  3. Solder sebagai alat melubang

Solder alat melubang jika tidak ada, bisa digantikan dengan paku yang dapat dipanaskan untuk melubangi bagian gelas plastik.

Proses Membuat Netpot dari Gelas Plastik

Bersihkan Gelas Plastik

Langkah pertama untuk membuat net pot dari gelas plastik hal yang perlu diperhatikan bahwa gelas plastik yang akan digunakan sebaiknya telah dibersihkan terlebih dahulu. Anda bisa membersihkan gelas plastik dengan air cucian sabun selanjutnya jangan lupa untuk dikeringkan bisa dengan cara di lap menggunakan kain yang menyerap air atau sejenisnya.

Lubangi Bagian Bawah Gelas Plastik

Selain untuk sirkulasi udara pada akar tanaman, net pot perlu dilubangi agar kita bisa menempatkan kain flanel pada bagian bawah net pot dan sebagai tempat keluarnya akar tanaman menyentuh larutan nutrisi hidroponik.

Saat melubangi gelas plastik. Anda bisa menggunakan bantuan solder, paku yang dipanaskan, pisau atau cutter maupun gunting.

Bentuk lubang pada bagian bawah net pot menggunakan gelas bekas dapat dilubangi bentuk silang menyerupai huruf X, atau disesuaikan.

Anda juga bisa mengikuti bentuk seperti pada net pot yang dijual di pasaran.

Namun apabila sulit mengikuti bentuk lubang bawah net pot seperti model net pot aslinya. Anda bisa membentuknya sendiri. Misalnya seperti gambar di bawah ini:

cara membuat netpot dari gelas plastik

Lubangi Sisi Samping Gelas Plastik

Setelah melubangi sisi bawah gelas plastik seperti gambar di atas terdiri dari model 1 dan model 2 yang bisa dipilih salah satunya. 

Selanjutnya sisi samping gelas plastik juga perlu dilubangi. Bisa dilubangi dengan bentuk titik-titik lubang, atau bentuk lubang garis lurus. Misalnya seperti model ilustrasi di bawah ini:

cara membuat netpot dari gelas plastik

Perhatikan seksama! pada model 1 dan model 2 di atas, silakan disesuaikan dengan bentuk lubang bawah pada model 1 dan 2. Apabila model lubang bawah net pot menggunakan model 2 yakni dengan lubang bawah net pot berbentuk silang (huruf X) maka lubang sisi samping gelas menggunakan model 2.

Ini dikarenakan pada model 2 kain flanel dimasukkan dari sisi samping bagian bawah net pot, sementara model 1 kain flanel dimasukkan pada sisi bawah net pot.

Hasil Jadi Netpot dari Gelas Plastik

Setelah selesai hasil jadi yang didapatkan mungkin akan seperti gambar di bawah ini:

cara membuat netpot dari gelas plastik

Anda bisa menyesuaikan sendiri bentuk lubang net pot dari gelas plastik yang Anda buat. Tidak harus sama persis dengan yang dicontohkan.

Hal yang paling utama adalah agar akar dapat menyentuh larutan nutrisi, baik dengan menggunakan kain flanel atau pun tanpa kain flanel dan sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik. Maka hal tersebut sudah cukup.

Bagaimana? cukup mudah bukan cara membuat netpot dari gelas plastik yang bisa Anda buat sendiri menggunakan bahan gelas plastik bekas kemasan minuman, sehingga tidak lagi perlu mengeluarkan biaya hanya untuk membeli net pot.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Netpot dari Gelas Plastik"