Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Hidroponik Sistem WICK dari Botol Bekas

cara membuat hidroponik sistem wick

Salah satu metode budidaya tanaman secara hidroponik yang mudah untuk dilakukan adalah hidroponik sistem wick! Bahkan hanya dengan memanfaatkan sampah botol bekas minuman membuat hidroponik sistem wick sangat mudah, murah dan hemat biaya

Siapa pun pasti bisa membuatnya di rumah, terutama dapat dicoba bagi sobat yang saat ini sedang tertarik dan ingin mencoba budidaya tanaman secara hidroponik.

Baiklah, mari kita simak ulasannya di bawah ini:

Mengenal Hidroponik Sistem Wick

Hidroponik sistem WICK (Wick System) merupakan salah satu metode budidaya hidroponik yang sangat sederhana. Pada prosesnya sistem ini hanya membutuhkan sumbu untuk menghubungkan air larutan nutrisi dari bak penampungan dengan media tanam.

Sistem ini dapat dibilang sebagai sistem yang pasif yakni tidak ada bagian yang bergerak (mengalir atau tersirkulasi) seperti pada sistem DFT maupun NFT, dan sejenisnya.

Alat dan Bahan Membuat Hidroponik Sistem Wick

  1. Botol bekas 600 ml
  2. Alat Potong (Pisau, Gunting, Cutter). Pilih salah satu.
  3. Sumbu (Kain Flanel, Sumbu Kompor) atau sejenisnya.
  4. Solder alat melubang (dapat diganti paku yang dipanaskan pada api)

Tahapan Membuat Hidroponik Sistem WICK

Setelah semua bahan disiapkan langkah selanjutnya adalah silakan tempatkan seluruh alat dan bahan yang dibutuhkan. Saatnya melanjutkan proses pembuatan hidroponik sistem wick.

Step 1 - Memotong Botol

Pada tahap awal silakan memotong 1/3 bagian atas botol minuman sehingga menjadi dua bagian. Bagian atas dan bagian bawah kurang lebih seperti gambar di bawah ini.

cara membuat hidroponik sistem wick dari botol bekas

Step 2 - Lubangi Botol Yang Dijadikan Netpot

Selanjutnya silakan lubangi bagian botol yang akan dijadikan sebagai net pot! Lubangi bagian leher botol di beberapa bagian sudut / sisi botol sebagai tempat keluarnya akar tanaman. Seperti gambar di bawah:

cara membuat hidroponik sistem wick dari botol bekas

Step 3 - Lubangi Tutup Botol

Selanjutnya bagian tutup botol juga dapat dilubangi dengan beberapa titik lubang dan sebagai tempat untuk menempatkan sumbu (sumbu kompor) atau dapat juga menggunakan kain flanel. Silakan disesuaikan sendiri. Berikut contoh hasil lubang tutup botol yang telah dipasangi sumbu kompor.

cara membuat hidroponik sistem wick dari botol bekas

Step 4 - Mengisi Media Tanam dan Air Nutrisi

Setelah selesai membuat semuanya! Selanjutnya silakan satukan tutup botol yang sudah pasangi sumbu dan botol yang sudah dilubangi kemudian di isi dengan media tanam. Media tanam dapat berisi campuran sekam dan tanah 1 banding 1 atau media tanam sejenisnya untuk menempatkan tanaman.

Selain itu, botol bagian bawah dapat di isi air dan botol yang sudah dipasangi sumbu dan berisi media tanam dapat dimasukkan ke dalam botol berisi air nutrisi seperti berikut:

Hidroponik Sistem WICK selesai dibuat!

Sampai di sini, hidroponik sistem wick sederhana sudah selesai dibuat. Selanjutnya sistem yang sudah dibuat dapat segera diaplikasikan untuk menanam tanaman secara hidroponik.

Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Hidroponik Sistem WICK dari Botol Bekas"