Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keunggulan Bertani Hidroponik Pada Tanaman Sayuran

Keunggulan Bertani Hidroponik Untuk Tanaman Sayuran

Keunggulan Bertani Hidroponik - Bertani sayur menggunakan teknik hidroponik adalah salah satu metode budidaya sederhana yang dapat dilakukan oleh petani tanpa harus menggunakan media tanah serta proses panen cenderung memiliki jangka waktu lebih pendek dari biasanya.

Di zaman berkembang seperti saat ini teknologi telah banyak memiliki kemajuan. Dengan adanya berbagai inovasi, memunculkan beragam teknologi sederhana hingga kompleks yang sangat bermanfaat dan dapat membantu kerja manusia menjadi lebih fleksibel.

Salah satunya adalah teknologi di bidang pertanian dengan metode tani hidroponik.

Dikutip dari wikipedia dijelaskan hidroponik merupakan cara bertani atau budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah serta menekankan pada pemenuhan nutrisi pada tanaman agar tanaman hidroponik dapat tubuh dengan baik.

Hidroponik atau hydroponic dalam bahasa inggris adalah istilah yang berasal dari kata yunani yakni ‘hydro’ yang berarti air dan ‘ponos’ yang berarti daya. Sehingga teknik ini secara luas diartikan sebagai budidaya menanam tanpa menggunakan media tanah yakni hanya memanfaatkan media air (soilless culture).

Dalam prosesnya air yang digunakan untuk media tanam hidroponik dapat dilakukan dengan metode rakit apung atau pengairan menggunakan media talang atau pipa pvc.

Hidroponik Rakit Apung

Teknik hidroponik rakit apung adalah sebuah metode menanam tanaman dengan membuat tanaman mengapung menggunakan penyangga seperti styrofoam atau kardus di atas permukaan air bernutrisi yang ditempatkan pada sebuah wadah persegi atau disesuaikan.

keunggulan bertani hidroponik
Gambar: Model Metode Rakit Apung Sederhana

Metode rakit apung lebih hemat biaya untuk bertani sayur karena dapat dibuat dengan bahan seadanya dan tidak memerlukan mesin untuk menjalankan pengairan atau sirkulasi air menggunakan mesin pompa air hidroponik.

Sehingga keunggulan bertani sayur dengan metode hidroponik sistem rakit apung ini sangat fleksibel untuk diterapkan di rumah sebagai sumber pangan keluarga.

Hidroponik Sistem DFT (Pengairan air menggunakan talang atau pipa pvc)

Sistem Hidroponik DFT atau metode pengairan air bernutrisi menggunakan media talang / pipa merupakan salah satu sistem yang paling sering dipakai dalam metode menanam hidroponik.

Dalam penerapannya sistem ini membutuhkan pipa sebagai media untuk mengalirkan air, dan pompa untuk menyalurkan air ke dalam seluruh pipa kemudian mengeluarkan kembali air tersebut ke dalam sebuah bak penampung air lalu disalurkan kembali mengalir ke dalam pipa atau talang air secara berulang.

keunggulan bertani hidroponik
Gambar: Model Hidroponik Sistem DFT

Pipa-pipa yang mengalirkan air bernutrisi tersebut kemudian dilubangi atasnya untuk menempatkan netpod atau wadah tanaman. Seperti gambar berikut:

keunggulan bertani hidroponik
Gambar: Hidroponik Sistem DFT dengan Tanaman Sawi

Keunggulan Pertanian Hidroponik

Selain ramah lingkungan menanam sayuran dan teknik hidroponik memiliki banyak keunggulan. Di antaranya adalah:

  1. Sayuran yang ditanam akan lebih cepat tumbuh dengan maksimal karena ketersediaan nutrisi. Sehingga daun sayuran akan lebih berkualitas dan sehat dibandingkan dengan metode biasa.
  2. Mendapatkan hasil panen yang lebih optimal dibandingkan metode konvensional.
  3. Bisa menggunakan lahan sempit sehingga dapat diaplikasikan hampir di semua tempat termasuk pekarangan rumah.
  4. Hasil produksi dengan metode hidroponik tidak bergantung pada cuaca sehingga bisa menekan kerugian.
  5. Dapat diterapkan untuk skala kecil seperti kebutuhan sayuran rumah tangga.
  6. Tidak memerlukan waktu dan banyak biaya serta tenaga untuk bertani sayur teknik hidroponik.
  7. Bertani hidroponik tidak membutuhkan tanah sehingga dapat dilakukan di daerah yang memiliki kondisi tanah yang buruk.
  8. Sistem ini tidak menghasilkan limbah yang berbahaya bagi kesehatan dan tidak merusak lingkungan karena dapat menekan penggunaan pestisida.

Itulah sedikit ulasan mengenai keunggulan bertani sayur dengan teknik hidroponik yang merupakan sebuah teknologi modern di bidang pertanian yang memberikan banyak kemudahan untuk diaplikasikan dalam bertani terutama pada tanaman sayur-sayuran.

Posting Komentar untuk "Keunggulan Bertani Hidroponik Pada Tanaman Sayuran"