Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengolah Air Cucian Beras Jadi Pupuk Organik Cair (POC)

olah air cucian beras jadi pupuk organik cair POC

Apakah Anda sering membuang limbah organik air cucian beras di rumah? Umh, sebaiknya jangan lagi deh, bagi Anda yang hobi menanam dan penggiat budidaya tanaman! air cucian beras sebenarnya dapat dimanfaatkan menjadi pupuk organik cair (POC) yang bermanfaat untuk membantu menyuburkan tanaman yang sedang di budidaya, baik berupa tanaman hias, sayuran ataupun jenis tanaman buah.

Selain itu, pupuk organik cair air cucian beras selain gratis pengolahannya pun sebenarnya cukup mudah. Dengan beberapa bahan dasar seperti larutan bioactivate yang ada dalam EM4, gula pasir, dan beberapa bahan lain yang mudah didapatkan.

Kandungan Air Cucian Beras

Kandungan air cucian beras memiliki beberapa unsur nutrisi yang dibutuhkan tanaman dan dapat membantu tanaman menjadi lebih subur, selain itu air cucian beras juga mengandung beberapa jenis bakteri yang bermanfaat bagi tanaman.

Kandungan nutrisi pada air cucian beras cukup kompleks, untuk lebih jelasnya dapat dilihat melalui gambar tabel di bawah ini:

Selain beberapa kandungan tersebut terdapat juga beberapa bakteri dalam air beras yang mampu melawan bakteri jahat (patogen). Kehadiran bakteri ini dapat mencegah kehadiran hama jenis kutu dengan cara memecahkan sel telurnya sebelum menjadi hama. Beberapa jenis bakteri tersebut diantaranya: Pseudomonas Fluorescens, Pektolitik Pektin, dan Xanthomas Maltophilia.

  • Pseudomonas Fluorecens, memiliki kemampuan beradaptasi dan mengloning diri dengan baik pada sistem perakaran tumbuhan serta dapat menyintesis metabolit yang bertugas menghambat pertumbuhan organisme patogen.
  • Pektolitik Pektin, adalah mikroba yang bertugas menyintesis karbohidrat serta asam amino agar menghasilkan hormon tumbuh (zat pengatur tumbuh) yang biasa disingkat ZPT.
  • Xanthomas Maltophilia, adalah bakteri yang mampu menginfeksi sel hama embun tepung karena perkembangannya yang cepat pada suhu di atas 33 derajat celsius.

Manfaat Air Cucian Beras Untuk Tanaman

Adapun beberapa manfaat dari air cucian beras yang sangat baik bagi tanaman diantaranya adalah:

  1. Menyuburkan tanaman dan membantu tanah terhindar dari penyakit yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman
  2. Membantu tumbuh kembang dan memperkuat imunitas tanaman
  3. Mampu menghalau hama dan membunuh kutu yang mengganggu proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman. dan
  4. Mempercepat proses fotosintesis tanaman.

Cara Mengolah Air Cucian Beras Jadi Pupuk Organik Cair (POC)

Sebenarnya tanpa diolah sekalipun air cucian beras bisa langsung digunakan dan disiram pada tanaman sebagai tambahan nutrisi (unsur hara) yang bermanfaat bagi kesuburan tanaman. Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil dan kemampuan sebagai pupuk organik cair (POC) yang lebih baik.

Maka air cucian beras perlu diolah melalui proses fermentasi sederhana, berikut alat dan bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat POC air cucian beras.

Alat dan Bahan

  • 1 Liter air cucian beras (Jumlah dapat disesuaikan)
  • Larutan EM4 1 Sendok makan untuk 1 liter air cucian beras
  • Molasse 1 Sendok makan untuk 1 liter air cucian beras (molasse dapat diganti air tetes tebu, gula merah ataupun gula pasir).
  • Siapkan ember atau wadah penampung dan pengaduk
  • Botol atau Jerigen. dan
  • Corong

Proses Pembuatan POC Air Cucian Beras

Setelah semua alat dan bahan sudah dipersiapkan, berikut proses pengolahan air cucian beras menjadi pupuk organik cair dapat dilakukan melalui beberapa langkah berikut:

  1. Campurkan molasse atau gula sebanyak 1 sendok makan ke dalam 1 liter air cucian beras lalu aduk hingga menjadi larut dan tercampur merata.
  2. Tambahkan kembali 1 sendok makan larutan EM4 pada air cucian beras yang sudah diberikan molasse atau gula. Lalu diaduk kembali hingga tercampur rata.
  3. Setelah itu, seluruh campuran cair tersebut dapat dimasukkan ke dalam botol atau jerigen yang dalamnya sudah dibersihkan, gunakan corong agar campuran air cucian beras, molasse (gula) dan EM4 tidak tumpah ke luar.
  4. Selanjutnya tutup rapat penutup botol/jerigen lalu simpan di tempat teduh tidak terkena panas, cahaya matahari langsung dan hujan selama sekitar 6 hari atau seminggu untuk melalui proses fermentasi.
  5. Selama proses fermentasi berlangsung 2 hari sekali tutup botol/jerigen perlu dibuka untuk mengeluarkan gas/uap dari proses fermentasi, selain itu larutan dapat diaduk lalu ditutup rapat kembali.
  6. Pada hari ke 6 atau seminggu setelahnya POC air cucian beras sudah dapat digunakan. Apabila proses fermentasi ini sukses maka POC air cucian beras apabila dicium akan mengeluarkan aroma manis seperti aroma khas bau tape.

Cara Mengaplikasikan Pupuk Organik Cair Air Cucian Beras

Untuk menggunakan olahan Pupuk organik cair dari air cucian beras dapat dilakukan dengan beberapa perlakuan berikut:

Sebagai Pupuk Daun

Penggunaan POC air cucian beras untuk pemupukan daun, dapat dilakukan dengan cara mencampur sebanyak 10 ml pupuk organik cair cucian beras dan diencerkan pada 1 liter air baku.

Selanjutnya campuran tersebut dapat dimasukkan ke dalam botol sprayer lalu pengaplikasiannya adalah dengan cara menyemprot seluruh bagian daun tanaman terutama pada bagian bawah daun yang merupakan tempat paling banyak stomata daun berada. Hal ini, tentunya mirip pada penggunaan dan pemanfaatan bakteri fotosintesis (PSB).

Lakukan penyemprotan daun menggunakan POC air cucian beras ini setiap 2 kali seminggu.

Sebagai Pupuk Akar

Untuk pemupukan pada area perakaran maka dapat menggunakan campuran 10-20 ml POC air cucian beras, dicampurkan ke dalam 5 liter air baku. Setelah itu, campuran tersebut bisa langsung digunakan dengan cara disiramkan ke media tanah tanaman di sekitar perakaran dengan perkiraan kira-kira berkisar (250 ml) pertanaman atau secukupnya disesuaikan dengan jenis, bentuk, ukuran atau usia tanaman.

Pada pemupukan akar, interval penggunaan dapat dilakukan seminggu sekali penyiraman menggunakan POC air cucian beras.

Referensi:

  • https://dppp.bangkaselatankab.go.id/post/detail/880-pemanfaatan-limbah-air-cucian-beras-untuk-menyuburkan-tanaman-hias-aglonema
  • http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/79929/Manfaat-Air-Cucian-Beras-Untuk-Menyuburkan-Tanaman/
  • http://repository.unimus.ac.id/1221/4/13%20Bab%20II.pdf

Posting Komentar untuk "Cara Mengolah Air Cucian Beras Jadi Pupuk Organik Cair (POC)"