Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Pestisida Nabati dari Bawang Putih

pestisida dari bawang putih

Pestisida nabati merupakan bahan alami yang digunakan untuk menghalau atau membasmi jenis hama atau organisme pengganggu tanaman (OPT) baik berupa serangga, bakteri maupun jamur patogen.

Bawang putih yang bernama latin Allium sativum ternyata selain dapat digunakan sebagai bahan masakkan, dan bermanfaat untuk kesehatan bawang putih juga dapat diolah dan dimanfaatkan menjadi pestisida nabati yang penggunaannya aman dan ramah terhadap lingkungan.

Beberapa referensi menyebutkan bawang putih mengandung auxin dan anti oksidan. Selain itu, ekstrak bawang putih dipercaya dapat mengendalikan berbagai macam hama dan penyakit salah satunya adalah penyakit antraknosa pada cabai.

Penyakit ini sering menyerang tanaman cabai yang menyebabkan tanaman cabai terlihat seperti hangus dan mengering pada buahnya baik yang muda ataupun yang sudah tua.

Cara Kerja Pestisida Nabati

Secara spesifik fungsi atau cara kerja pestisida nabati ini adalah sebagai berikut:

  • Merusak perkembangan telur, larva dan pupa hama pengganggu tanaman
  • Mengganggu komunikasi serangga dan mengusir serangga
  • Dapat menyebabkan serangga menolak makan, mengurangi nafsu makan dan memblokir kemampuan makan serangga
  • Menghambat reproduksi serangga betina
  • Menghambat perkembangan patogen

Cara Membuat Pestisida Nabati dari Bawang Putih

Membuat pestisida nabati dari bawang putihsebenarnya cukup mudah dan dapat dibuat dari beberapa bahan dan cara yang sederhana.

Alat dan Bahan

Beberapa alat dan bahan yang dapat dipersiapkan untuk membuat pestisida nabati bawang putih, adalah:

  1. Siapkan lima umbi bawang putih
  2. 1/2 Liter air bersih
  3. Wadah penyimpan
  4. Corong
  5. Saringan
  6. Botol
  7. Blender/tumbukan

Cara Pembuatan

Setelah semua bahan dan alat dipersiapkan, proses pembuatannya dapat dilakukan melalui tahapan berikut:

  1. Umbi bawang putih dibuang kulitnya kemudian perlu dihaluskan menggunakan tumbukan ataupun dapat menggunakan blender dan diberi sedikit air.
  2. Selanjutnya bawang putih yang sudah dihaluskan tersebut dicampur dengan 1/2 liter air lalu dituangkan ke dalam wadah penyimpan yang tertutup
  3. Simpan terlebih dahulu campuran bawang putih tersebut selama 1 atau 2 hari.
  4. Setelah itu, ambil campuran larutan bawang putih yang sudah disimpan tersebut lalu disaring dan dapat dimasukkan ke dalam botol. Gunakan corong agar larutan tidak tumpah.
  5. Setelah disaring, larutan sudah dapat digunakan.

Cara Mengaplikasikan Pestisida Nabati Bawang Putih

Setelah berhasil membuat pestisida nabati bawang putih berdasarkan ulasan di atas selanjutnya untuk mengaplikasikan pestisida ini pada tanaman, perlu dilakukan dan ditambahkan perekat bisa berupa sabun cari ataupun bagian dalam lidah buaya yang berupa jelly (perlu dihaluskan dan diambil ekstraknya).

Cara Penggunaan

  1. Campurkan 1/2 air (ekstrak) dari bawang putih yang sudah dibuat sebelumnya ke dalam 4 liter air
  2. Tambahkan kurang lebih sekitar 1 sendok makan sabun cair, atau dapat diganti dengan jelly dalam lidah buaya (dihaluskan dan diambil ekstraknya)
  3. Aduk atau kocok seluruh campuran tersebut sehingga semua bahan dan tercampur merata.
  4. Masukkan ke dalam tangki atau botol sprayer lalu dapat disemprotkan secara merata ke seluruh bagian tanaman seminggu sekali.

Yang perlu diperhatikan

  • Usahakan untuk menggunakan pestisida nabati seperti ini secara teratur seminggu sekali, dan kalau perlu dikombinasikan dengan beberapa pestisida nabati lainnya. Hal ini dikarenakan penggunaan yang terlalu sering pada pestisida nabati yang sama terkadang dapat menyebabkan hama menjadi kebal terutama bila disemprotkan pada tanaman yang sudah terlanjur terkena hama.
  • Gunakan pestisida nabati sebagai pencegahan hama, yakni digunakan sebelum tanaman benar-benar terjangkit atau terkena hama. Hal ini dikarenakan pencegahan secara dini lebih mudah dilakukan daripada penanggulangan hama setelah tanaman diserang penyakit.
  • Jika hendak dikombinasikan dengan pestisida sintetik (pabrikan) langkah terbaik adalah pestisida nabati dapat digunakan sebagai penggunaan terakhir. Yakni digunakan pada saat tanaman sudah mendekati masa atau waktu panen. Sehingga tanaman yang dihasilkan bisa lebih aman dan sehat.
  • Dikarenakan pestisida nabati biasanya tidak bertahan lama jika disimpan karena akan menurunkan efektivitasnya dalam mencegah hama. Maka sebaiknya pembuatan pestisida nabati dibuat dengan jumlah dan dosis untuk sekali pakai, Jika ingin menggunakan lagi maka perlu membuat yang baru.

Jadi, selain membutuhkan pemupukan semisal menggunakan pupuk organik, dan pemanfaatan bakteri fotosintesis (PSB) untuk tanaman. Pemberian pestisida nabati dari bawang putih juga sangat bermanfaat dan membantu tanaman terhindar dari beberapa hama pengganggu (OPT).

Posting Komentar untuk "Membuat Pestisida Nabati dari Bawang Putih"