Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dan Cara Membuat PSB Bakteri Fotosintesis

cara membuat PSB bakteri fotosintesis

Bakteri fotosintesis atau photosynthetic bacteria disingkat (PSB) merupakan bakteri autotrof yang mampu berfotosintesis dan memiliki pigmen yang disebut bakteriofil a atau b yang berfungsi dan mampu memproduksi pigmen warna merah, hijau, hingga ungu untuk menangkap energi matahari sebagai bahan bakar untuk melakukan fotosintesis. Selain itu, bakteri fotosintesis berperan penting dalam mengubah bahan organik menjadi asam amino atau zat bioaktif dengan bantuan cahaya matahari.

PSB memiliki kemampuan yang dapat membuat makanannya sendiri dengan menggunakan energi yang berasal dari cahaya matahari dengan cara berfotosintesis. Kemampuan ini sangat bermanfaat untuk tanaman terutama pada perkembangan daun yakni umumnya pada tanaman yang berdaun hijau.

Fungsi utama PSB dalam membantu dan mempercepat proses fotosintesis yakni dengan menggunakan bahan utama karbon dioksida (CO2), air (H2O) dan sinar matahari yang berproses di daun serta mengandung klorofil (zat hijau daun). Sehingga proses biokimia dapat mengurai pembentukan karbohidrat dan oksigen yang berperan dalam menentukan kualitas hidup tanaman.

Manfaat Bakteri Fotosintesis (PSB)

Pada proses kegiatan fotosintesis cahaya matahari memiliki peran penting yang harus diserap tanaman serta dapat dipacu dengan pemanfaatan bakteri fotosintesis (PSB). Salah satu bakteri ini adalah Synechococcus sp yang dapat memaksimalkan proses fotosintesis dengan menangkap panjang gelombang cahaya yang tidak dapat ditangkap tanaman.

Oleh karena itu pengembangan bakteri ini dapat dimanfaatkan sebagai Pupuk Organik Cair (POC) sebagai penyubur tanaman. Selengkapnya manfaat PSB untuk tanaman diantaranya adalah:

Manfaat PSB Untuk Tanaman

  1. Membantu menambahkan Nitrogen ke tanaman
  2. Membantu menambahkan Gas Hidrogen Sulfida di dalam tanah dari proses dekomposisi bahan organik
  3. Sumber mineral asam amino, asam nukleat, senyawa aktif fisiologis dan polisakarida
  4. Dapat menetralisir residu tanah dan memperbaiki kesuburan tanah
  5. Mempercepat pertumbuhan tanaman seperti pembentukan bunga dan buah
  6. Dapat membantu meningkatkan pertumbuhan akar pada tanaman dan menjadi zat perangsang tumbuh
  7. Dapat meningkatkan kualitas rasa pada tanaman
  8. Membantu memperkuat imunitas tanaman terhadap serangan hama dan penyakit
  9. Dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia.

Manfaat PSB Bagi Budidaya Ikan dan Ternak

Selain dapat berperan dan bermanfaat menjadi Pupuk Organik Cair (POC) sebagai penyubur tanaman, PSB juga dapat bermanfaat bagi pembudidaya ikan misalnya peternakan ikan. Manfaat tersebut diantaranya adalah:

  1. Dapat berperan penting dan membantu mengurangi gas dan limbah di tempat penampungan hewan
  2. Sebagai penambah unsur nutrisi yang mampu menambah berat badan ternak dan ikan
  3. Meningkatkan kualitas warna dan rasa daging menjadi lebih baik
  4. Membantu melindungi hewan dari bakteri jahat
  5. Pada pengolahan air limbah, PSB mampu mengurangi pengaruh bahan kimia yang berbahaya dan membantu dalam pengolahan air limbah.

Cara Membuat PSB atau Bakteri Fotosintesis

Membuat Bakteri Fotosintesis (PSB) sebenarnya cukup mudah, bahan-bahan yang diperlukan dapat dengan mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari. Yakni:

Alat dan Bahan

  • 2 atau 3 Butir Telur
  • Micin/MSG sebanyak 2 Sendok Makan
  • Saus Ikan sebanyak 4 Sendok Makan
  • Siapkan 3 Botol Bekas air mineral ukuran 1500ml
  • Air bersih sekitar 3 Liter/secukupnya (air hujan, air sumur atau air sungai)
  • Wadah untuk mencampur bahan dan pengaduk

Proses Pembuatan PSB Bakteri Fotosintesis

Langkah-langkah proses pembuatan PSB bakteri fotosintesis dapat dilakukan melalui beberapa langkah berikut:

  1. Masukan 3 Liter air bersih yang sudah dipersiapkan ke dalam 3 botol bekas ukuran 1500ml masing-masing botol diisi air bersih sebanyak 1 liter.
  2. Campurkan telur, MSG, dan saus ikan ke dalam wadah pencampur lalu silakan diaduk atau dikocok sampai seluruh bahan-bahan tersebut tercampur secara merata.
  3. Selanjutnya campuran telur, MSG, dan saus ikan yang sudah diaduk merata dibagi menjadi tiga bagian dan masing-masing bagian tersebut dimasukkan ke dalam 3 botol yang sudah berisi air.
  4. Kocok kembali ketiga botol berisi air dan campuran telur, MSG, dan saus ikan sehingga seluruh bahan dapat tercampur dengan baik di dalam botol.
  5. Selanjutnya setiap botol yang berisi campuran larutan tersebut dapat dijemur atau dikenakan matahari kurang lebih sekitar 8 Jam/Hari selama 15 - 30 Hari.
  6. Jika Larutan telah berubah menjadi warna merah pekat, berarti Pembuatan larutan PSB (Bakteri Fotosintesis) sudah berhasil dibuat dan siap untuk digunakan sebagai Pupuk Organik Cair (POC) atau tambahan nutrisi ternak.
membuat PSB bakteri fotosintesis

Cara Mengaplikasikan PSB pada Tanaman

Untuk penggunaan terutama pengaplikasiannya pada tanaman larutan PSB yang sudah berhasil dibuat dapat dicampurkan dengan air sumur, air hujan, atau pun air sungai atau air baku yang tidak terkontaminasi zat kimia.

Adapun dosis yang direkomendasikan yakni 10-15 ml per satu liter air atau sekitar satu gelas aqua per tangki ukuran 16 liter. Pengaplikasian PSB sebagai pupuk cair dapat diarahkan pada semua bagian tanaman dan sekitar perakaran tanaman terutama pada bagian daun.

Pada tanaman cabe, tomat, dan terong pengaplikasian yang diberikan sekitar 0,25 - 0,5 liter per tanaman. Sementara pada tanaman tahunan seperti tumbuhan kakao, kopi atau pada tanaman buah-buahan seperti jambu air pemberian campuran larutan PSB yang sudah diencerkan dapat diberi sekitar 1 - 2 liter per pohon tergantung habitat, bentuk dan besar tanaman.

Perhatikan waktu terbaik untuk melakukan penyemprotan PSB pada tanaman, untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal pada tanaman yang sedang dibudidaya.

Keunggulan PSB sebagai Pupuk Organik Cair

Beberapa Pupuk Organik Cair (POC) / Pestisida Organik yang dibuat dari bahan-bahan alami perlu diaplikasikan secara teratur dengan dosis yang sesuai karena dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman terutama pada kerusakan daun bila dosis yang diberikan berlebihan.

Berbeda dengan PSB berdasarkan pengalaman Anang Priyono dalam tulisannya berjudul "Mengenal Bakteri Fotosintesa dan Manfaatnya" Bahwa pengaplikasian PSB pada tanaman Aglonema yang diberikan pada bagian daun dan tanah sekitar perakaran berdampak baik terhadap perkembangan daun dan pucuk menjadi lebih subur dan segar jika dibandingkan sebelum diberikan PSB. Selain itu, ia juga menambahkan kelebihan dosis tidak berdampak pada kerusakan daun terutama pada tanaman hias seperti Aglonema.

Referensi:

  • https://distanpangan.baliprov.go.id/mengenal-bakteri-foto-sintesa-dan-manfaatnya
  • http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/83174/Mari-Membuat-Bakteri-Fontosisntesis-Cara-Hemat-Menstimulasi-Tanaman-Sehat-Dan-Kuat/
  • http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/80391/Bakteri-Fotosintesis-Penambah-Nutrisi-Tanaman/
  • kanal youtube penyuluh pertanian lapangan
  • kanal youtube kebun indra tarigan

Posting Komentar untuk "Manfaat dan Cara Membuat PSB Bakteri Fotosintesis"