Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Pupuk Organik Cair (POC) dari Batang Pisang

cara membuat pupuk organik cair dari batang pisang

Pupuk Organik Cair (POC) ternyata bisa dibuat dari bahan dasar batang pisang. Dengan membuatnya sendiri kita mendapatkan manfaat yang banyak! Terutama selain ekonomis karena bisa didapatkan secara gratis. POC yang dibuat berfungsi sama seperti pupuk pada umumnya sebagai pelengkap nutrisi dan unsur hara tanah yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Karena POC sendiri merupakan pupuk organik, tentunya penggunaannya akan lebih ramah lingkungan serta bermanfaat dalam mempertahankan unsur hara tanah dan mengurangi residu dari zat-zat kimia berbahaya yang membuat tanah cenderung menurun kualitas kesuburannya.

Kandungan Unsur Hara Pupuk Organik Cair dari Batang Pisang

Batang pisang mengandung unsur (N) nitrogen, phosphor (P) dan kalium (K). 

Unsur nitrogen (N) dapat mendukung pertumbuhan vegetatif pada tanaman seperti membuat tanaman menjadi lebih hijau, mempercepat pertumbuhan tanaman (tinggi, jumlah anakan, jumlah cabang) dan menambah kandungan protein hasil panen.

Kandungan unsur phosphor (P) bermanfaat untuk memacu pertumbuhan akar, memacu pembentukan bunga dan pematangan buah atau biji.

Sementara unsur kalium (K) bermanfaat sebagai activator enzim, membantu penyerapan air dan unsur hara dari tanah oleh tanaman, dan transportasi hasil asimilasi dari daun ke jaringan tanaman.

Selain itu di dalam kandungan kompos berbahan dasar dari batang pisang mengandung C-Organik yang cukup tinggi, yakni sekitar 29,7 persen. Kandungan ini sesuai dengan standar teknis minimal pupuk organik padat yang tercatat pada Permentan Nomor 70/Permentan/SR.140/10/2011 yakni minimum kandungan C-Organik adalah sebesar 15 persen.

Melihat kandungan unsur hara yang terdapat dalam batang pisang tentunya merupakan kabar baik bagi teman tani untuk memanfaatkan batang pisang sebagai sumber pupuk tanaman baik untuk kompos atau pun dalam hal ini sebagai pupuk organik cair batang pisang sebagai alternatif pupuk yang cukup baik untuk tanaman yang sedang dibudidayakan.

Membuat Pupuk Organik Cair (POC) dari Batang Pisang

Sebelum masuk ke proses pembuatan POC dari batang pisang, silakan untuk menyiapkan bahan-bahan dan alat berikut:

Bahan-Bahan

  • 1 kg batang pisang (dalam hal ini yang diambil adalah gedebok atau bagian dalam batang pisang yang berwarna putih.
  • Siapkan 200 gram gula pasir (bisa menggunakan gula aren, gula merah, atau pun molase)
  • 3 liter air tanah (air sumur, air mengalir) atau bisa juga menggunakan air hujan

Alat-alat

  • Ember atau tong penampung yang dapat ditutup rapat.
  • Siapkan karung bekas
  • Alat pemotong atau pencacah (parang/pisau, dan sejenisnya).

Proses Pembuat POC Batang Pisang

Setelah semua alat dan bahan disiapkan, berikut proses yang dapat dilakukan untuk membuat POC dari batang pisang:

  1. Cincang menjadi kecil-kecil gedebok batang pisang yang sudah dipersiapkan menggunakan alat pemotong.
  2. Hasil cacahan gedebok batang pisang yang sudah kecil-kecil tersebut selanjutnya dimasukkan ke dalam karung.
  3. Selanjutnya, larutkan gula ke dalam ember atau tong penampung yang sudah diisi air, lalu jangan lupa melakukan pengadukan sehingga larutan gula menjadi tercampur merata.
  4. Karung yang tadinya berisi hasil cacahan gedebok batang pisang dimasukkan beserta karungnya ke dalam larutan gula pada ember atau tong penampung.
  5. Jika sudah dimasukkan selanjutnya ember atau tong penampung tersebut ditutup dengan rapat lalu disimpan / difermentasikan selama 10 hari.
  6. Selama proses fermentasi ember atau tong penampungan perlu dibuka setiap hari untuk mengeluarkan uap dan gas proses fermentasi lalu ditutup kembali rapat-rapat.
  7. Setelah 7 - 10 hari, Jika POC dari batang pisang yang dibuat berhasil maka biasanya POC akan mengeluarkan aroma seperti bau tape saat dicium. Namun, jika POC yang dibuat beraroma tidak sedap seperti bau comberan maka POC yang dibuat gagal atau belum berhasil.
  8. Jika gagal maka larutan POC jangan digunakan dan dibuang saja, namun jika berhasil maka silakan angkat karung berisi cacahan gedebok batang pisang dan larutan POC sudah dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman.
  9. Terakhir sisa cacahan gedebok batang pisang jangan ikut dibuang karena dapat dimanfaatkan untuk menjadi kompos.

Cara Mengaplikasikan POC dari Batang Pisang

Setalah Pupuk Organik Cair (POC) dari batang pisang berhasil dibuat, untuk menggunakannya pada tanaman bisa melalui cara sebagai berikut:

Campurkan pupuk organik cair dari batang pisang tersebut dengan air sumur atau air tanah maupun air hujan dengan perbandingan 1 : 15. Yakni jika POC batang pisang dipakai sebanyak 1 liter maka dapat dicampurkan dengan air sebanyak 15 liter.

Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang baik dan membantu penyuburan tanaman, pupuk organik cair dari batang pisang ini dapat diberikan dua kali seminggu dengan cara langsung disiramkan pada bagian tanah dan area di sekeliling tanaman.

Hindari menyiram langsung pada seluruh bagian tanaman, cukup pada bagian tanah dan area di sekeliling tanaman. Untuk itu, aplikasikan juga dengan penggunaan bakteri fotosintesis (PSB) untuk memaksimalkan proses fotosintesis pada tanaman yang membantu tanaman tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Referensi:

  • http://kaltim.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php?option=com_content&view=article&id=707&Itemid=59
  • https://fpp.umko.ac.id/2021/06/04/media-tanam-dari-batang-pisang-manfaat-dan-cara-pembuatannya/
  • http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/84872/Cara-Membuat-Pupuk-Organik-Cair-Dari-Limbah-Batang-Pisang---/
  • https://www.m-tani.com/news/pembuatan-pupuk-organik-cair-dari-batang-pisang

Posting Komentar untuk "Membuat Pupuk Organik Cair (POC) dari Batang Pisang"