Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Pupuk Organik MOL Perangsang Buah

pupuk organik mol perangsang buah

Merangsang tanaman agar bisa cepat berbunga dan berbuah dapat dilakukan dengan pemberian pupuk yang memiliki kemampuan untuk merangsang bunga dan pembuahan pada tanaman. Tindakan ini dapat dilakukan terutama pada tanaman yang sudah memasuki fase produktif (generatif).

Untuk itu, membuat pupuk organik MOL perangsang buah merupakan pilihan yang bijak terutama sebagai upaya mengurangi penggunaan pupuk kimia karena membuatnya cukup praktis dan lebih ekonomis.

MOL atau Mikro Organisme Lokal sendiri adalah sekumpulan mikroorganisme yang dapat bermanfaat sebagai starter (bioaktivator) dalam penguraian atau fermentasi bahan organik menjadi pupuk organik baik padat ataupun cair.

MOL Perangsang Buah

MOL perangsang buah berikut dibuat dari beberapa bahan-bahan sederhana seperti buah-buahan. Selain itu, MOL yang dibuat kali ini dapat dijadikan pengganti EM4 sebagai starter (bioaktivator) dalam mempercepat proses pembuatan kompos termasuk sebagai pupuk organik.

Selain itu, MOL dari buah-buahan yang akan dibuat sesuai ulasan ini kaya akan unsur hara seperti phosphor (P) dan kalium (K). Sehingga dapat difungsikan sebagai pupuk organik cair yang dapat merangsang pembuahan pada tanaman.

Sehingga jika memiliki tanaman yang sulit berbunga dan berbuah, maka MOL ini dapat dimanfaatkan dan diaplikasikan pada tanaman tersebut sehingga dapat merangsang pembungaan hingga pembuahan.

Cara Membuat MOL Perangsang Buah

Untuk membuat MOL perangsang buah ini, ada beberapa bahan dan alat yang perlu dipersiapkan, diantaranya:

Alat dan Bahan

  1. 1 Kg Buah-buahan (Bisa menggunakan buah-buahan apa saja, baik berupa pepaya, pisang, nenas, buah tomat, dll termasuk kulitnya pun dapat digunakan).
  2. Air kelapa sebanyak 1 liter
  3. Air cucian beras sebanyak 1 liter
  4. Gula sebanyak 100 gram (dapat menggunakan gula merah, gula pasir, gula aren, air tetes tebu ataupun molasse)
  5. Wadah fermentasi (Gunakan wadah yang bisa ditutup rapat dengan muatan 5 - 10 liter misalnya ember yang memiliki penutup)
  6. Blender

Cara Pembuatan

Untuk tahapan pembuatan MOL perangsang buah ini, dapat dilakukan melalui proses berikut:

  1. Seluruh buah-buahan yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu dihaluskan dapat menggunakan bantuan blender atau alat lainnya dengan fungsi yang sama dan yang terpenting buah-buahan tersebut dapat dihaluskan.
  2. Masukkan buah-buahan yang sudah dihaluskan tersebut ke dalam wadah fermentasi, diikuti 1 liter air kelapa, 1 liter air cucian beras, dan 100 gram gula yang sudah dilarutkan. Lalu lakukan pengadukan agar bahan-bahan tersebu tercampur dengan baik.
  3. Tutup wadah atau ember fermentasi dengan rapat dan simpan di tempat yang teduh kurang lebih selama 1 - 2 minggu.
  4. Dalam proses fermentasi tersebut. Setiap hari tutup wadah fermentasi perlu dibuka sedikit untuk mengeluarkan uap dan gas hasil proses fermentasi. Sebab gas proses fermentasi yang dihasilkan dapat membuat tekanan dan bisa meledak jika tidak dikeluarkan secara teratur.
  5. Setelah 1 - 2 minggu, MOL tersebut sudah bisa digunakan.

Tips Fermentasi MOL

Untuk membuat proses fermentasi MOL menjadi lebih mudah, maka wadah fermentasi atau ember fermentasi dapat dibuat secara sederhana dengan model yang dapat dilihat seperti gambar berikut:

Dengan bantuan alat fermentasi sederhana tersebut, kita tidak lagi repot melakukan pengontrolan untuk pembuangan uap/gas hasil dari proses fermentasi secara manual lagi setiap hari. Dengan alat sederhana ini proses fermentasi mol/poc yang dilakukan bisa lebih efisien.

Manfaat MOL (Fermentasi Campuran Air Kelapa, Air Cucian Beras, dan Buah-buahan)

Setidaknya terdapat beberapa manfaat MOL perangsang buah yang dibuat kali ini, diantaranya adalah:

  • Merangsang perkembangan bunga dan buah pada tanaman
  • Mencegah bunga bakal buah tidak mudah rontok atau gugur
  • Berfungsi sebagai pupuk daun
  • Dapat memperkuat imunitas tanaman karena dapat berfungsi sebagai pestisida nabati
  • Memiliki kandungan hara yang cukup kompleks untuk membantu pertumbuhan tanaman

Cara Mengaplikasikan MOL Perangsang Buah

Ada beberapa cara untuk menggunakan MOL perangsang buah ini, selengkapnya adalah sebagai berikut:

Mempercepat Pembuatan Kompos

Untuk mempercepat pembuatan kompos (pengomposan) dapat dilakukan dengan mencampur MOL yang ditambahkan air dengan perbandingan 1 : 5 (1 MOL : 5 air) atau 1 : 10 (1 MOL : 10 air) dengan cara disemprotkan atau disiramkan ke pupuk kompos yang sedang difermentasi serta dapat dilakukan seminggu sekali agar proses pengomposan dapat menjadi lebih cepat.

Sebagai Pupuk Organik Cair (POC)

Sementara untuk dimanfaatkan sebagai pupuk organik perangsang buah (POC), maka dapat diaplikasikan dengan perbandingan 1 : 30. Misalnya dalam skala kecil dengan 30 - 40 ml MOL dicampur dengan 1 liter air yang dapat dikocorkan pada tanaman dan dapat diaplikasikan dengan interval waktu 2 minggu sekali.

Selanjutnya jika akan diaplikasikan dengan cara disemprotkan langsung kepada seluruh bagian tanaman seperti pemanfaatan bakteri fotosintesis PSB, maka MOL perangsang buah ini dapat dicampurkan dengan perbandingan 10 ml MOL : 1 liter air.

Yakni jika menggunakan 1 liter air maka MOL dapat ditambahkan sebanyak 2 sendok makan (10 ml) lalu dimasukkan ke dalam botol sprayer yang dapat disemprotkan ke tanaman sekitar seminggu sekali.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Pupuk Organik MOL Perangsang Buah"