Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melarutkan Nutrisi AB Mix untuk Hidroponik

ab mix dan cara mencampurnya untuk nutrisi hidroponik

Budidaya hidroponik bergantung pada nutrisi yang dilarutkan di dalam air serta menjadi bagian penting bagi pertumbuhan tanaman. Ini dikarenakan nutrisi hidroponik adalah selayaknya pupuk yang berisi unsur hara bagi tanaman yang dapat terlarut dalam air dan dikenal secara umum dengan nutrisi AB Mix.

Mengapa Nutrisi Hidroponik Disebut AB Mix?

Penamaan AB Mix untuk menyebutkan nutrisi hidroponik diambil dari dua jenis nutrisi yang dibagi menjadi nutrisi A dan nutrisi B tujuannya untuk memudahkan dalam mengingat nama nutrisi. Nutrisi A mewakili unsur makro hara dan nutrisi B mewakili unsur mikro hara.

Beberapa unsur makro hara yang dimaksud yakni seperti N (nitrogen), P (phosphor), K (kalium), Mg (magnesium), dan lain sebagainya, sementara contoh nutrisi unsur mikro hara antara lain adalah Fe (besi), Cu (tembaga), dll.

Semakin lengkap dan terukur unsur hara baik makro dan mikro pada nutrisi AB Mix maka akan semakin baik bagi pertumbuhan tanaman hidroponik.

Oleh karena itu, nutrisi AB Mix dapat disimpulkan sebagai pupuk racikan dari bahan-bahan kimia yang dapat terlarut di dalam air yang berfungsi sebagai nutrisi tanaman agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Selain itu, dalam setiap kemasan AB Mix yang dibeli di pasaran terdapat nutrisi A dan nutrisi B yang akan dibungkus terpisah. Kemudian masing-masing nutrisi A maupun nutrisi B tersebut dilarutkan menjadi nutrisi cair masing-masing adalah sebagai pekatan A dan Pekatan B.

cara mencampur ab mix untuk nutrisi hidroponik

Kemudian kedua nutrisi tersebut dapat dicampurkan pada air baku dengan tingkatan PPM yang diukur menggunakan TDS Meter untuk menjadi nutrisi utama pada tanaman hidroponik.

Cara Melarutkan Nutrisi AB Mix Padat (Butiran)

Bagi teman-teman yang membeli AB Mix bukan dalam bentuk pekatan cair atau masih berupa nutrisi padat berupa butiran. Maka sebelum digunakan nutrisi AB Mix tersebut perlu dilarutkan terlebih dahulu menjadi pekatan cair. Baik pekatan A atau pekatan B yang dapat disimpan dalam botol.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan Nutrisi AB-Mix Padat (Butiran)

Ambil nutrisi A dan nutrisi B yang ada dalam bungkus AB Mix padat yang sudah disiapkan. Selanjutnya setiap nutrisi tersebut dapat dimasukkan ke dalam botol. Masukkan nutrisi A ke dalam botol A dan Nutrisi B ke dalam Botol B. 

melarutkan ab-mix

N.B - Gunakan botol 600 ml bila hendak melarutkan nutrisi AB Mix bentuk butiran kemasan 250 gram dan botol berukuran 1.000 ml bila hendak melarutkan nutrisi AB Mix bentuk butiran kemasan 500 gram.

2. Tambahkan Sedikit Air ke Dalam Botol Lalu Dikocok

Setelah itu silakan masukkan terlebih dahulu sedikit air ke dalam botol. Jangan isi langsung penuh karena kita perlu mengocok larutan sehingga butiran padat pada nutrisi A dan B tersebut benar-benar tercampur dan larut dalam air.

Jika seluruh butiran AB Mix tersebut sudah dipastikan larut. Selanjutnya pekatan pada botol A dan botol B dapat ditambahkan air hingga larutan dalam botol mencapai 600 ml air bila kemasan AB Mix yang dilarutkan adalah kemasan 250 gram atau 1.000 ml air jika menggunakan kemasan 500 gram.

Untuk takaran jumlah air pada pekatan AB Mix yang dilarutkan dalam botol, lebih jelasnya dapat dilihat pada anjuran yang biasanya sudah tertulis di setiap kemasan AB Mix.

3. Pekatan Cair Nutrisi A dan B untuk Hidroponik Siap Digunakan

Bila seluruh pencampuran bahan nutrisi A dan nutrisi B selesai dilarutkan pada masing-masing botol A dan botol B. Selanjutnya kedua nutrisi tersebut sudah siap atau dapat digunakan untuk kebutuhan berhidroponik.

Cara Mencampurkan AB Mix untuk Nutrisi Hidroponik

Setelah pekatan AB Mix dilarutkan menjadi pekatan nutrisi A dan nutrisi B siap pakai. Adapun dalam mencampurkan kedua nutrisi tersebut untuk menjadi nutrisi hidroponik dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Siapkan wadah penampung nutrisi sesuai dengan jenis atau sistem hidroponik yang digunakan. Misalnya hidroponik di jerigen bekas.
  2. Siapkan air baku sebagai kebutuhan utama hidroponik yang dapat diisi ke dalam wadah penampungan nutrisi hidroponik.
  3. Campurkan Pekatan Nutrisi A, Nutrisi B dan air baku dengan perbandingan 1:3:3, yakni 1 liter adalah air baku, sementara 3 ml adalah pekatan nutrisi A dan 3 ml adalah pekatan nutrisi B. Melalui campuran komposisi ini akan diperoleh larutan hidroponik sekitar 500 ppm.
  4. Tingkat ppm larutan nutrisi dapat ditambahkan jika dianggap kurang dengan cara menambahkan 1 ml pekatan nutrisi A dan 1 ml pekatan nutrisi B untuk menaikkan tingkat nutrisi sebesar 130 ppm. Sehingga larutan nutrisi hidroponik pada 1 liter air yang tadinya adalah 500 ppm menjadi 630 ppm.
  5. Bila perlu gunakan alat bantu seperti TDS Meter untuk memudahkan dalam mengukur tingkatan ppm pada setiap nutrisi hidroponik.

Baca juga: Cara Menghitung PPM Hidroponik

Demikian, itulah kira-kira beberapa hal tentang nutrisi hidroponik dan cara menggunakan AB Mix pada tanaman yang dibudidayakan secara hidroponik.

Semoga bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Cara Melarutkan Nutrisi AB Mix untuk Hidroponik"