Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meracik Nutrisi AB Mix Sendiri untuk Sayuran Daun

Meracik AB Mix sendiri untuk nutrisi hidroponik dilakukan sebagai alternatif atau solusi untuk mendapatkan nutrisi hidroponik yang lebih hemat dan mudah untuk didapatkan. Mengingat nutrisi AB Mix untuk hidroponik masih sangat jarang ditemukan di toko-toko pertanian di desa ataupun di kota kecil.

Selain itu, rata-rata untuk mendapatkan nutrisi AB Mix tidak jarang harus melakukan pemesanan secara online sehingga dalam proses pemesanan hingga nutrisi AB Mix diterima biaya yang dikeluarkan bisa jauh lebih besar dari yang diharapkan.

Oleh karena itu, pada ulasan ini kami akan membagikan salah satu cara meracik ab mix untuk sayuran daun hanya dengan 3 (tiga) bahan dan dari merek pupuk meroke serta akan mendapatkan 5 liter pekatan A dan 5 liter pekatan B untuk nutrisi hidroponik siap pakai.

Alat dan Bahan dalam Meracik AB Mix Sayuran Daun

Sebelum meracik ab mix sayuran daun, terlebih dahulu siapkan beberapa alat dan 3 (tiga) bahan dasar atau pupuk dari merek meroke berikut:

Alat:

  • 2 Buah Ember untuk Melarutkan Nutrisi A dan Nutrisi B.
  • 2 Buah Jerigen ukuran 5 Liter untuk Penyimpanan Pekatan Nutrisi A dan Pekatan Nutrisi B.
  • Alat pengaduk.
  • Corong, dan
  • Spidol Permanent.

Bahan:

  • 500 gram pupuk Meroke Calnit (Nutrisi untuk Pekatan A).
  • 500 gram pupuk Meroke MAG (Nutrisi untuk pekatan B).
  • 250 gram pupuk Meroke Flex - G (Nutrisi untuk pekatan B).
  • Air Baku secukupnya

Cara Meracik AB Mix Sayuran Daun dari Pupuk Meroke

Setelah semua alat dan bahan dipersiapkan, berikut langkah-langkah meracik nutrisi hidroponik AB Mix daun dari pupuk meroke.

1. Membuat Pekatan Nutrisi A

Langkah-langkah untuk membuat pekatan nutrisi A adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, silakan masukkan 500 gram pupuk Meroke Calnit ke dalam salah satu ember lalu tambahkan air secukupnya (kurang dari 5 liter) lalu aduk merata dengan pengaduk sampai 500 gram pupuk meroke calnit tersebut tercampur dan terlarut dengan baik dalam air.
  2. Selanjutnya pupuk meroke calnit yang sudah dilarutkan tersebut dapat dimasukkan ke dalam salah satu jerigen ukuran 5 Liter menggunakan corong agar larutan tidak tumpah.
  3. Tambahkan air baku dalam jerigen tersebut sehingga larutan pekatan dalam jerigen mencukupi 5 liter lalu kocok kembali sehingga seluruh campuran dapat tercampur lebih merata.
  4. Jangan lupa untuk memberi label pada jerigen sebagai pekatan Nutrisi A yang dapat ditulis menggunakan spidol.

2. Membuat Pekatan Nutrisi B

Untuk membuat pekatan nutrisi B langkah-langkahnya pun masih sama, hal-hal yang perlu dilakukan adalah:

  1. Langkah pertama masukkan 500 gram pupuk meroke MAG dan 250 gram pupuk meroke Flex-G ke dalam salah satu ember yang belum digunakan.
  2. Tambahkan air secukupnya (kurang dari 5 liter) lalu aduk merata sehingga pupuk meroke MAG dan pupuk meroke Flex-G tersebut tercampur dan terlarut dengan baik.
  3. Selanjutnya campuran larutan kedua pupuk tersebut dapat dimasukkan ke dalam salah satu jerigen yang belum terpakai menggunakan corong agar tidak tumpah.
  4. Tambahkan air dalam ke dalam jerigen hingga mencukupi 5 liter lalu kocok sehingga tercampur dengan baik.
  5. Jerigen dapat dilabeli dengan spidol sebagai pekatan Nutrisi B.

Sampai di sini racikan AB Mix sayuran daun sudah siap digunakan sebagai nutrisi pada tanaman terutama untuk sayuran hidroponik seperti pada tanaman kangkung, selada, sawi-sawian dan sejenisnya termasuk untuk sayuran buah pada masa vegetatif.

Tips Dalam Meracik AB Mix Sendiri

Dalam meracik nutrisi AB Mix baik sebagai nutrisi ab mix daun atau pun untuk ab mix buah. Ada beberapa tips yang perlu dipertimbangkan, diantaranya:

  1. Gunakan air baku steril, misalnya air tanah seperti air sumur atau pun air sungai termasuk dapat menggunakan air hujan. Hindari untuk tidak menggunakan air PAM / PDAM kecuali jika sudah disterilkan.
  2. Gunakan air baku dengan ppm yang rendah, yakni kadar air berada pada angka di bawah 100 ppm. Gunakan alat seperti TDS Meter untuk mengukur ppm air.
  3. Jangan mencampur pekatan A dan pekatan B secara langsung karena dapat membuat pekatan menjadi menggumpal. Hanya encerkan pekatan A dan pekatan B pada air baku yang akan menjadi larutan nutrisi pada tanaman hidroponik.

Artikel ini disadur dari video youtube kebun indra tarigan tentang cara membuat nutrisi hidroponik untuk sayuran daun serta telah uji dicoba pada tanaman hidroponik dan memberikan hasil yang cukup baik.

Bagi teman-teman yang mempunyai pengalaman berbeda dalam berhidroponik, termasuk dalam meracik nutrisi AB Mix sendiri, silakan dapat membagikan pengalaman dan saran melalui komentar di bawah.

Demikian, ulasan ringkas ini. Semoga bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Cara Meracik Nutrisi AB Mix Sendiri untuk Sayuran Daun"