Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Step by step Cara Menanam Kangkung Hidroponik di Jerigen Bekas

Step by step Cara Menanam Kangkung Hidroponik

Jerigen bekas adalah salah satu alternatif yang dapat dimanfaatkan untuk menanam tanaman sayuran. Salah satunya adalah menanam kangkung secara hidroponik.

Pada artikel kami sebelumnya mengenai "menanam secara hidroponik di di jerigen bekas" sedikitnya telah diulas bagaimana memanfaatkan jerigen bekas sebagai sistem sederhana yang dapat digunakan untuk menanam sayuran hidroponik yakni tanaman kangkung.

Oleh karena itu pada ulasan ini, akan diperjelas lebih detail mengenai tahapan demi tahapan yang dilakukan dalam menanam kangkung hidroponik di jerigen bekas. Sehingga lebih mudah diaplikasikan oleh teman-teman yang hendak mencoba cara yang serupa.

Pada ulasan ini akan dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya, lihat:

Membuat Sistem Hidroponik Sederhana dari Jerigen Bekas

Tahap awal tentunya adalah penyiapan sistem hidroponik yang akan digunakan. Pada ulasan kali ini karena kita akan menanam kangkung hidroponik di jerigen bekas. Maka kita perlu menyiapkan sistem yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Cara membuatnya pun cukup mudah, siapkan beberapa jerigen bekas dengan ukuran (5) lima liter, selanjutnya:

1. Lubangi Salah Satu Sisi Jerigen Bekas

Lubangi salah satu sisi jerigen dengan 5 - 6 lubang tanam. Diameter lubang tanam dapat disesuaikan dengan ukuran netpot yang digunakan. Pada ulasan ini kami membuat diameter lubang tanam adalah kurang lebih sekitar 6 cm.

Sesuaikan diameter lubang tanam dengan diameter netpot yang digunakan. Jika menggunakan netpot diameter 5cm, maka lubang tanam yang dapat dibuat adalah 4,5cm dibuat lebih kecil atau dibuat sama dengan diameter asli netpot.

Setelah membuat lubang tanam sekitar 5 - 6 lubang pada jerigen bekas seperti gambar di atas. Selanjutnya alat lain yang perlu dipersiapkan adalah netpot sebagai wadah tanam.

2. Membuat Netpot dari Gelas Plastik

Dalam ulasan ini, kami menggunakan alternatif netpot dari gelas plastik yang dapat dibuat dengan cukup mudah.

Silakan baca: "Cara Membuat netpot dari Gelas Plastik Bekas Minuman"

Cara Menanam Kangkung Hidroponik

Penggunaan netpot dari gelas plastik adalah untuk alasan yang lebih ekonomis serta karena lebih mudah didapatkan. Akan tetapi, jika teman-teman memiliki netpot hidroponik maka akan lebih baik menggunakan netpot tersebut.

Netpot perlu ditambahkan sumbu, bisa menggunakan kain flanel, sumbu kompor atau kain kaos bekas yang dapat menyerap air dengan baik sehingga nutrisi hidroponik dapat diserap secara optimal oleh akar tanaman.

3. Ilustrasi Sistem Hidroponik Sederhana di Jerigen Bekas.

Setelah kedua alat utama di atas selesai dibuat! Jerigen sebagai wadah penampung air nutrisi hidroponik dan gelas plastik sebagai alternatif netpot (wadah media tanam dan tanaman). Maka ilustrasi sistem hidroponik dari jerigen bekas yang dibuat kali ini, dapat digambarkan sebagai berikut:

sumber: https://www.winkamaru.my.id

Pada sistem ini kita dapat membuat air menyentuh langsung bagian bawah netpot atau akar tanaman seperti pada sistem rakit apung, atau menggunakan sumbu seperti pada sistem wick.

Alat dan Bahan Menanam Kangkung Hidroponik

Setelah sistem hidroponik yang dibutuhkan sudah siap. Selanjutnya beberapa alat dan bahan yang perlu dipersiapkan adalah:

  1. Rockwool (sebagai media tanam).
  2. Bibit atau Benih Kangkung
  3. Alat Pemotong (Gergaji Besi / Pisau)
  4. Tusuk sate atau Lidi
  5. Sprayer / Semprotan
  6. Nampan atau Wadah semai.
  7. Sistem hidroponik (dalam ulasan ini kami menggunakan sistem hidroponik sederhana memanfaatkan jerigen bekas)
  8. Net pot (sebagai wadah tanam) dalam ulasan ini kami menggunakan gelas plastik.
  9. Sumbu (Kain Flanel) berfungsi menyerap air nutrisi untuk diantarkan ke bagian akar tanaman. Sumbu dipasangkan pada lubang bawah netpot.
  10. AB Mix sayuran daun (Pupuk atau nutrisi khusus untuk budidaya hidroponik yang dapat dilarutkan dalam air).

Step by step Cara Menanam Kangkung Hidroponik

Setelah alat dan bahan dipersiapkan, berikut tahapan demi tahapan cara menanam kangkung hidroponik di jerigen bekas.

Step 1 - Potong Rockwool ± 2,5 cm

Selanjutnya silakan potong rockwool dengan kedalaman kira-kira sekitar 2,5 cm menggunakan alat pemotong. Dapat menggunakan pisau atau gergaji besi.

sumber: http://hidroponikpedia.com/

Step 2 - Buat Irisan Rockwool dalam Bentuk Dadu

Selanjutnya silakan iris rockwool secara memanjang dan melintang. Sebisa mungkin irisan yang dibuat tidak memotong langsung rockwool. yakni dengan kedalaman irisan adalah kira-kira sekitar 1 cm serta jarak pada tiap irisan adalah 2,5 cm, sehingga akan menghasilkan 18 kotak (Dadu).

sumber: http://hidroponikpedia.com/

Step 3 - Basahi Rockwool Hingga Lembap dengan Sprayer

Setelah mengiris rockwool dalam bentuk kotak atau seperti dadu, selanjutnya rockwool dapat dibasahi dengan air menggunakan sprayer atau semprotan hingga menjadi lembap atau cukup basah.

sumber: http://hidroponikpedia.com/

Step 4 - Lubangi Rockwool dengan Tusuk Gigi / Lidi dan Masukkan Benih Kangkung

Pada langkah berikutnya silakan lubangi rockwool dengan tusuk gigi atau lidi seperti gambar, dilanjutkan dengan mengisi benih pada masing-masing lubang yang dibuat pada rockwool.

sumber: http://hidroponikpedia.com/

Benih kangkung yang disemai pada rockwool dapat diisi sekitar 5 - 8 benih atau disesuaikan.

Step 5 - Saat Proses Semai Berlangsung Jaga Rockwool Tetap Lembap

Setelah benih kangkung sudah disemai pada rockwool dan diletakkan pada wadah semai. Selanjutnya rockwool perlu dijaga tetap lembap sampai benih kangkung tumbuh dan siap pindah tanam ke sistem hidroponik.

Cara Menanam Kangkung Hidroponik
sumber: http://hidroponikpedia.com/

Lakukan pengecekan kondisi rockwool pagi dan sore hari jangan sampai mengalami kekeringan atau terlalu basah. Benih dapat membusuk jika rockwool terlalu basah dan akan sulit tumbuh jika rockwool mengalami kekeringan.

Step 6 - Pindah Tanam Ke Sistem Hidroponik

Setelah semaian kangkung berumur 1 minggu atau bisa lebih sekitar 10 sampai 11 hari, biasanya tanaman kangkung sudah bisa dipindah tanam ke sistem hidroponik. 

Salah satu cirinya adalah tanaman kangkung sudah berdaun 4.

Cara Menanam Kangkung Hidroponik
sumber: http://hidroponikpedia.com/

Seleksi benih yang tumbuh dengan baik untuk dipindahkan pada sistem hidroponik dengan cara memotong putus pada bekas irisan kotak-kotak rockwool lalu letakan tanaman kangkung dan rockwool ke dalam netpot yang sudah diberi sumbu.

Cara Menanam Kangkung Hidroponik
sumber: http://hidroponikpedia.com/

Selanjutnya silakan letakan netpot pada sistem hidroponik yang akan digunakan. Misalnya dalam contoh ini kita menggunakan jerigen bekas. Sehingga tampak seperti gambar berikut:

Step by step Cara Menanam Kangkung Hidroponik
kangkung hidroponik di jerigen bekas

Pemeliharaan dan Pembesaran Kangkung Hidroponik

Setelah pindah tanam dilakukan! Tanaman kangkung hidroponik perlu diberikan nutrisi AB Mix. Pada tahap awal ini tingkatan nutrisi dapat diberikan sekitar 600 - 700 ppm yang dapat diukur menggunakan TDS Meter.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan Pupuk AB Mix Sayuran Daun sebagai Nutrisi Hidroponik

Budidaya hidroponik bergantung pada nutrisi hidroponik yang dilarutkan di dalam air. Oleh karena itu pada tahap awal silakan siapkan pekatan nutrisi AB Mix sebagai sumber hara tanaman hidroponik yang akan dilarutkan di dalam air.

Gunakan AB Mix Sayuran Daun untuk tanamana sayuran yang didominasi daun seperti tanaman kangkung, sawi, selada dan tanaman sayuran daun lainnya.

Jika Nutrisi AB Mix masih dalam bentuk bubuk silakan dilarutkan terlebih dahulu menjadi pekatan A dan Pekatan B. Kemudian kedua pekatan tersebut dapat dicampurkan ke air baku sebagai nutrisi atau unsur hara tanaman hidroponik yang diukur dengan takaran ppm tertentu.

2. Siapkan Air Baku untuk Larutan Hidroponik

Selanjutnya siapkan air baku sesuai kebutuhan sistem hidroponik menggunakan jerigen bekas. Lalu masukkan pekatan nutrisi AB-Mix. Misalnya 10ml Pekatan A dan Pekatan B nutrisi AB-Mix untuk 1 liter air.

Tips - Gunakan TDS Meter untuk mengukur tingkatan ppm untuk mendapatkan akurasi nilai ppm yang lebih baik.

Pada tahap awal pindah tanam tanaman kangkung, nutrisi pada sistem hidroponik yang digunakan cukup dengan takaran 600 - 700 ppm.

    3. Seminggu Kemudian Setelah Pindah Tanam Nilai ppm dapat Dinaikkan

    Satu minggu setelah pindah tanam dilakukan, nutrisi hidroponik dapat ditingkatkan menjadi 1000 - 1200 ppm. Nilai ppm ini dapat dijaga hingga waktu panen kangkung dilakukan.

    4. Kangkung Hidroponik Dapat Dipanen pada Usia 21 - 28 Hari

    Tanaman kangkung sudah dapat dipanen setelah usia kangkung berumur sekitar 21 - 28 Hari sejak semai sampai pindah tanam ke sistem hidroponik.

    Waktu panen mungkin bervariasi tetapi umumnya kangkung hidroponik sudah dapat dipanen pada usia sekitar 3 mingguan.

    Step by step Cara Menanam Kangkung Hidroponik
    kangkung hidroponik siap panen

    Tips Tambahan Menanam Kangkung Hidroponik di Jerigen Bekas

    Ada beberapa kendala yang mungkin dihadapi ketika menanam kangkung hidroponik di jerigen bekas. Hal ini sudah pernah kami ulas pada artikel lain berjudul: "menanam secara hidroponik di jerigen bekas".

    Oleh karena itu, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan ketika menanam kangkung hidroponik di jerigen bekas.

    1. Periksa selalu air nutrisi dalam jerigen jangan sampai mengalami kekeringan. Pada tanaman kangkung dengan usia memasuki minggu ke dua dengan akar yang sudah cukup banyak air nutrisi cenderung lebih cepat berkurang diserap tanaman.
    2. Lakukan pengecatan pada bagian luar jerigen sehingga tidak tembus cahaya matahari yang dapat membuat air nutrisi hidroponik mudah kotor akibat pertumbuhan alga / lumut.
    3. Tempatkan Jerigen atau Sistem Hidroponik pada tempat yang teduh dari hujan namun mendapatkan sinar matahari yang cukup.
    4. Aplikasikan juga penggunaan PSB pada daun tanaman kangkung. Hal ini dikarenakan pengaplikasian tambahan PSB yang disemprotkan pada bagian daun tanaman kangkung dapat membuat daun kangkung menjadi lebih segar dan besar-besar.

    Demikian, itulah ulasan dan tahapan-tahapan yang dapat dilakukan ketika menanam kangkung hidroponik pada sistem sederhana memanfaatkan jerigen bekas.

    Semoga bermanfaat!

    Posting Komentar untuk "Step by step Cara Menanam Kangkung Hidroponik di Jerigen Bekas"